|
informatika-newbie logo |
Pengamtan dibuat berdasarkan sudut pandang penulis sebagai pengguna teknologi ATM dan BRILink. artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Komputer dan Masyarakat. semoga bermanfaat dan diharapkan koreksi dan saran untuk pengembangan ke arah yang lebih baik lagi.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau Automated Teller Machine adalah sebuah alat Elektronik yang
melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan tanpa
perlu dilayani oleh seorang teller. ATM sering ditempatkan ditempat-tempat
strategis seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandara, swalayan dan
kantor-kantor bank itu sendiri. ATM biasanya terdiri dari perangkat keras
seperti CPU, pembaca magnetic atau chip kartu, papan ketik PIN, pengaman kriptoprosesor, monitor, tombol fungsi,
mesin pencetak rekam, ruang penyimpanan, dan housing yang digunakan untuk
estetika dan untuk melampirkan tanda tangan. Namun saat ini perangkat-perangkat
keras tersebut telah dibuat arsitekturnya dengan dibuat dengan bentuk
peripheral yang lebih kecil. Saat ini sebagaian besar ATM di seluruh dunia
menggunakan system operasi Microsoft Windows atau windows XP Embedded.
ATM saat
ini telah merambah golongan eknomi menengah ke bawah, hal tersebut bertujuan
untuk menyelaraskan pertumbuhan perekonomian terutama bagi masyarakat pedesaan.
Hamper semua sector baik itu pertanian, peternakan dan sector lain yang
berjalan dipedesaan kini menggunakan jasa perbankan untuk membantu proses
transaksi. Bahkan jual beli online kini telah menyasar wagra pedesaan.
Salah
satu daerah yang memanfaatkan teknologi diantaranya kabupaten Kuningan.
Dikabupaten ini, perbankan kini telah menyasar ke daerah-daerah atau kecamatan
disekitarnya, bahkan daerah terpencil seperti Kecamatan Cibingbin, Kecamatan
Subang, Kecamatan Cilebak, Kecamatan Selajambe dan Kecamatan Ciwaru sekalipun.
Hal tersebut tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat pedesaan yang beralih
dari jasa keuangan konvensional seperti koperasi dan kini beralih ke perbankan.
Tidak
hanya teknologi mesin ATM yang menyasar ke daerah-daerah terpencil, kini bank
BRI juga mempunyai teknologi baru yaitu BRIlink. BRILink merupakan layanan
keuangan tanpa kantor (nirkantor). Program ini merupakan bagian dalam rangka
mendukung program-program pemerintah salah satunya financial inclusion. Layanan
BRILink ini, merupakan sebuah inovasi dalam dunia keuangan khususnya perbankan untuk
memperbudah akses kepada masyarakat yang belum memiliki layanan perbankan.
1.2.Rumusan
Masalah
Pada makalah analisa teknologi ATM dan BRILink ini akan
dibahas mengenai peran teknologi perbankan bagi masyarakat pedesaan. Hal
tersebut tidak terlepas dari peran perbankan dalam mengembangkan pelaku usaha
diberbagai bidang di pedesaan, hal ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat
untuk mengembangkan usahanya. Masyarakat saat ini kian dimudahkan dengan
teknologi-teknologi baru yang semakin memudahkan proses transaksi.
1.3.Batasan
Masalah
Adapun batasan-batasan masalah yang akan dibuat pada
makalah ini, yaitu:
a)
Apa
peran ATM dan BRILink bagi masarakat terutama dipedesaan?
b)
Apa
keuntungan dan kekurangan menggunakan ATM dengan BRILink?
c)
Perbandingan
teknologi ATM dengan BRILink?
d)
Analisis SWOT.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Peran
ATM dan BRILink Bagi Masyarakat
ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau Automated Teller
Machine adalah sebuah alat Elektronik yang melayani nasabah bank untuk
mengambil uang dan mengecek rekening tabungan tanpa perlu dilayani oleh seorang
teller. ATM yang saat ini banyak ditemukan salah satunya adalah milik bank BRI
(Bank Rakyat Indonesia). ATM dari bank ini kini banyak ditemukan bahkan
didaerah-daerah pelosok seperti kecamatan-kecamatan di Kabupaten Kuningan dan
sekitarnya. Hampir disetiap kecamatan terdapat minimal satu ATM, hal tersebut
untuk mempermudah masyarakat dalam menikmati layanan bank tersebut tanpa harus
pergi ke kota. Dengan adanya ATM ini juga masyarakat dapat tertarik untuk
menggunakan jasa perbankan dalam menjalani trasaksi keuangan.
Peran ATM bagi masyarakat saat ini diantaranya :
a) Bagi
masyarakat, ATM ini membantu dalam hal transaksi keuangan seperti transfer, tarik
tunai dan dalam proses pembayaran-pembayaran seperti jual beli online, tagihan
PLN, PDAM dan lain-lain.
b) ATM
berperan sebagai media penghubung bagi masyarakat dan pelaku usaha dalam
melakukan kegiatan bisnis.
c) Membantu
pelayanan transaksi keuangan 24 jam dalam satu hari.
d) Mesin
ATM sebagai pengganti kantor bank akan memudahkan maysarakat yang jauh dari
lokasi kantor bank tersebut.
Selain ATM, kini perbankan juga menawarkan
teknologi baru yang dalam pemanfaatanya melibatkan masyarakat untuk ikut andil
dalam kegiatan perbankan seperti halnya seorang teller bank resmi. BRILink
menyediakan fitur unggulan yang dapat mempermudah masyarakat yang tidak dapat
menjangkau layanan ATM untuk dapat melakukan transaksi. Dengan teknologi
BRILink ini masyarakat yang jauh dari ATM sekalipun dapat dengan mudah
melakukan transfer, menabung maupun melakukan pembelian dan
pembayaran-pembayaran seperti PLN, PDAM dan jual beli online dengan hanya
mengunjungi agen-agen BRILink terdekat.
Figure 1Mesin ATM
Agen BRILink biasanya terdapat ditiap
desa atau bahkan disetiap dusun atau perkampungan. Agennya biasanya terdapat
diwarung-warung atau pertokoan. Tentunya dengan teknologi ini masyarakat akan
semakin dimudahkan dalam setiap kegiatan transaksinya. Bahkan saat ini pihak
perbankan menawarkan fitur khusus seperti kartu kredit petani, sehingga sangat
mudah dan memudahkan dalam membangun link dan kepercayaan dari para nasabah.
Figure 2Mesin EDC BRILink
Adapun fungsi atau peran dari BRILink
ini, yaitu :
a) Dapat
mempermudah masyarakat pedesaan untuk melakukan transaksi keuangan, sehingga
tidak perlu menambah biaya untuk pergi ke ATM yang biasanya berada di
kecamatan-kecamatan sehingga terlalu jauh untuk bisa diakses warga desa.
b) BRILink
dapat menciptakan peluang usaha baru bagi agen-agennya. BRILink menjadi sumber
usaha bagi agen, hal tersebut karena dari pihak perbankan memberikan sekitar
50% dari keuntungan setiap transaksi yang dilakukan. Bahkan tidak jarang setiap
agen mengambil keuntungan dari pihak nasabah dari setiap transaksinya.
c) Dengan
BRILink yang menyasar pedesaan, dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat
terhadap jasa keuangan terutama perbankan karena dapat mempermudah dalam
pelaksanaanya.
d) Nasabah
dapat bertransaksi baik itu ke sesama bank BRI maupun ke bank lain seperti BNI,
BCA dan bank lain di Indonesia.
2.2.Kelebihan
dan Kekurangan ATM dan BRILink
Setiap
teknologi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak
terkecuali pada teknologi perbankan. Perbankan yang pada prinsipnya mencari
kepuasan bagi para pelanggannya, namun tidak jarang setiap pelanggan memiliki
kriteria sendiri dalam menggunakan jasa pelayanan yang ditawarkan. Berikut ini
kelebihan dan kekurangan dari teknologi ATM dan BRILink yang saya analisis :
2.2.1.
Kelebihan ATM
a)
ATM dan BRILink dapat mempermudah setiap
transaksi keuangan terutama bagi masyarakat pedesaan dan bagi masyarakat yang
sibut dengan pekerjaannya.
b)
ATM dan BRILink merupakan jasa keuangan
yang paling banyak digunakan dan dapat menarik nasabah baru karena
kemudahan-kemudahan yang ditawarkannya.
c)
Pengguna mesin ATM dapat melakukan
transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan PLN, kredit, dan lain-lain.
d)
Keamanan nasabah sedikit lebih baik
karena kini diterapkannya model PIN sebagai keamanan.
e)
Untuk keamanan tambahan, setiap mesin
ATM ditambahakan kamera CCTV untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
f)
Kini banyak terdapat mesin ATM yang bisa
melayani semua nasabah dari bank lain (ATM Link).
2.2.2.
Kelebihan BRILink
a)
Pengguna jasa BRILink dapat melakukan
proses transfer tunai, pembayaran tagihan, kredit, dan lain-lain.
b)
BRILink dapat menciptakan lapangan
pekerjaan baru bagi masyarakat, tercatat hingga saat ini sudah lebih dari 216.755
orang/November 2017 pelaku atau agen yang telah terdaftar dan mempunyai
penghasilan yang cukup tinggi.
c)
Untuk menjadi agen BRILink tidak
diperlukan kompentensi yang tinggi, cukup memenuhi persyaratan seperti aktif
sebagai nasabah bank BRI dan syarat lain yang tergolong sederhana.
d)
Kelebihan BRILink adalah kita dapat
melakukan proses transfer dan pembayaran tanpa perlu memiliki rekening bank,
karena sudah disediakan fasilitas oleh agen BRILink.
e)
Unkuran mesin EDC yang relative kecil
sehingga memudahkan agen untuk membawa mesin tersebut kemana-mana.
f)
Kelebihan BRILink lainnya adalah fungsi
dari BRILink tersebut hamper sama dengan kantor bank, hanya saja tidak dapat
melakukan buka rekening.
g)
Kelebihan BRILink adalah setiap
transaksi bisa diwakilkan oleh agen BRILink.
h)
Secara tidak langsung pengguna jasa
BRILink dapat melakukan transaksi transfer tunai seperti di kantor bank.
2.2.3.
Kekurangan ATM
a)
ATM mempunyai kekurangan yaitu masih
jarangnya mesin ATM yang dapat melakukan proses transaksi transfer tunai.
b)
Nasabah harus mempunyai mesin ATM untuk
melakukan setiap proses transaksinya.
c)
Nasabah tetap harus melakukan pengisian
rekening terlebih dahulu agar bisa melakukan proses pembayaran, kredit dan
lain-lain dengan menggunakan mesin ATM.
d)
Nasabah setidaknya harus bisa
mengoprasikan mesin ATM.
e)
Tidak jarang masih ditemukannya ATM yang
hanya dapat melayani nasabah dari bank bersangkutan saja.
2.2.4.
Kekurangan BRILink
a. Salah
satu kekurangan BRILink adalah tidak sedianya pelayanan 24 jam karena waktu
pelayan tergantung dari para agen.
b. Keamanan
nasabah atau pengguna jasa ATM dan BRILink sedikit berkurang, salah satunya
karena informasi dari pengguna BRILink biasanya tersimpan di computer atau
mesin dari agen.
c. Tidak
sedikit proses transaksi antar bank dapat dikenakan biaya tambahan.
d. Calon
nasabah tidak bisa membuka tabungan baru pada agen BRILink.
2.3.Perbandingan
Teknologi ATM dengan BRILink
Berikut
ini merupakan perbandingan dari teknologi yang ditawarkan oleh pihak perbankan
pada ATM dan BRILink, yaitu :
2.3.1. Teknologi
ATM Secara Umum
a) Teknologi
ATM yang banyak ditemui saat ini biasanya hanya bisa bisa melakukan transaksi
seperti transefer ke sesame bank maupun ke bank lain, melakukan pembayaran dan
tagihan.
b) Teknologi
ATM saat ini sudah ada yang dapat melakukan proses transfer tunai tanpa melalui
teller.
c) Hamper
semua ATM menyediakan layanan yang dapat digunakan 24 jam.
2.3.2. Teknologi
BRILink
a) Teknologi
BRILink dirancang untuk dapat berjalan pada jaringan yang rendah sekalipun.
b) BRILink
terintegrasi dengan hamper semua bank dan setiap agen BRILink lainnya.
c) Teknologi
BRILink dirancang untuk dapat berjalan disetiap system operasi.
d) BRILink
dirancang untuk dapat dijalankan dengan mudah dan cepat dipahami.
e) BRILink
dirancang untuk dapat melakukan proses transfer, pembayaran pembelian PLN,
Belanja Online, dan lain-lain.
2.4.
Analisis SWOT
2.4.1.
Strenght
Teknologi ATM mempunyai keunggulan
mendasar yaitu online setiap 24 jam dalam satu minggu, atau dengan menggunakan
jasa ATM nasabah tidak perlu takut untuk melakukan transaksi kapanpun karena
ATM tidak menggunakan jasa teller. Kekuatan lainnya yaitu teknologi baru yang
ditawarkan yaitu bisa melakukan transfer tunai dari mesin ATM khusus yang tersedia.
Kekuatan dari BRILink yaitu mudahnya
menemukan jasa ini bahkan sampai ke pelosok desa sekalipun, karena memang
tujuan utamanya yaitu melayani sampai ke ujung negeri. Jadi dengan BRILink ini
nasabah dapat sangat terbantu dalam setiap proses transaksinya.
2.4.2.
Weakness
Kelemahan
dari mesin ATM ini adalah lebih kebada jumlah mesin yang tersedia disetiap
tempat, sangat jarang mesin ATM ditemukan ditempat-tempat yang jauh dari
perkotaan. Setidaknya mesin ATM saat ini hanya mencapai wilayah kecamatan dan
hanya bisa melayani nasabah terdekat dan sangat sulit untuk menjangkau nasabah
yang ada di pedesaan.
Sedangkan
kelemahan dari BRILink adalah layanan yang disediakan oleh setiap agen
berbeda-beda, sehingga nasabah tidak bisa selalu menggunakan jasa tersebut.
Kelemahan lainnya yaitu limit saldo yang dimiliki agen akan sedikit menghambat
transaksi nasabah dalam skala yang cukup besar. Kelemahan lain yaitu setiap
transaksi akan dikenakan biaya admin yang bervariasi, sehingga akan menambah
biaya.
2.4.3.
Opportunities
Dengan
munculnya mesin ATM yang dapat melakukan transaksi transfer tunai tentunya akan
mengurangi tenaga manusia yang dibutuhkan, sehingga akan memangkas pengeluaran
dari bank tersebut. Bahkan sekarang ini lebih banyak nasabah yang menggunakan
jasa mesin ATM karena lebih mudah dan proses yang tidak terlalu lama.
Sementara
dengan munculnya BRILink akan menambah minat dari calon nasaban untuk
menggunakan jasa tersebut karena pelayananya lebih mudah ditemukan. Dengan
pelayanan yang ditawarkan oleh bank pengayom yaitu BRI seperti simpenan desa,
kredit tani, dan layanan lainnya yang ditujukan untuk ekonomi menengah kebawah
akan sangat membantu dalam mendapatkan nasabah baru.
2.4.4.
Threat
Ancaman dengan
munculnya kedua teknologi diatas adalah lebih kepada keamanan nasabah dan
sumber daya manusia yang terlibat dalam kegiatan dunia perbankan akan sedikit
berkurang, hal tersebut akan menambah pengangguran baru di Indonesia. Ancaman
lain adalah keamanan data nasabah akan dengan mudah terancam, seperti dicurinya
data dan lain-lain sehingga perlunya penambahan fitur keamanan khusunya pada
BRILink.
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Dengan teknologi yang ditawarkannya,
setiap jenis teknologi yang ditawarkannya mempunyai kelebihan dan kekurangan
masing-masing. ATM mempunyai kelebihan dari segi pelayanan yang bisa digunakan
selama 24 jam perhari dan keamanannya yang cukup baik. Tapi disisi lain BRILink
juga mempunyai kelebihan yaitu dapat dengan mudah dinikmati pelayanannya oleh
masyarakat dipedesaan terpencil sekalipun. Dengan teknologi satelit yang
dimiliki bank BRI, koneksi antar bank dan antar agen dapat terlaksana dengan
baik, hal tersebut menjadi sarat utama agar setiap transaksi dan pelayanan
dapat berjalan dengan baik.
3.2.Saran
Demi meningkatkan pelayanannya,
disarankan setiap ATM harus dapat tersedia disetiap pusat keramayan dan
menyentuh kelebih daerah-daerah terpencil demi meningkatkan pelayanan. Selain
itu, ATM yang dapat melakukan proses transfer tunai bisa ditambah kembali untuk
dapat memudahkan dan mempercepat proses penyetoran tanpa harus melalui kantor
bank.
BRILink diharapkan dapat digunakan
selama 24 jam sehingga dapat meningkatkan pelyanan bagi para nasabah, sehingga
dapat meningkatkan rasa percaya dari para nasabah bagi penyedia jasa keuangan,
khususnya jasa perbankan.
Belum ada tanggapan untuk "Perbandingan Peran ATM dan BRILINK di Masyarakat Menurut Informatika Newbie || Komputer dan Masyarakat"
Post a Comment